PENGARUH FOTO TEMPAT WISATA ALAM PROVINSI BENGKULU PADA MEDIA SOSIAL F A C EB OOK TERHADAP MINAT BERKUNJUNG PENGGUNA MEDIA SOSIAL

  • Admin Dev
  • 11 Juli 2022
  • Publikasi

Kehadiran teknologi informasi khususnya internet telah merubah pola penyebaran informasi dari yang satu arah antara komunikan ke komunikan yang lain menjadi banyak orang ke banyak pendengar. Perkembangan teknologi informasi juga turut mempengaruhi pembangunan di hampir segala sektor. Salah satu sektor yang mendapatkan dampak cukup luas adalah sektor pariwisata. Dimana dengan adanya perkembangan teknologi informasi berbasis media sosial turut mendongkrak pertumbuhan di dalam sektor pariwisata nasional. Banyakanya pengguna media sosial dengan beragam aktivitas kehidupan seperti aktivitas kunjungan wisata lalu membagikan pengalamannya di media sosial berupa foto wisata, sehingga proses publikasi tempat wisata menjadi semakin baik dan bukan tidak mungkin foto kunjugan wisata tersebut menimbulkan minat berkunjung pengguna media sosial lainnya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas pesan iklan dengan media foto sebagai alat promosi pariwisata di media sosial facebook dalam mempengaruhi minat berkunjung pengguna media sosial. Variabel bebas pada penelitian ini adalah foto tempat wisata alam di Provinsi Bengkulu dengan indikator daya tarik pesan iklan meaningfull (memiliki makna), believable (menimbulkan kepercayaan), distinctive (memiliki keunikan) dan variabel terikat minat berkunjung pengguna media sosial dengan menggunakan indikator AISAS: attention, interest, seacrh, action, share. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah pre-exsperimental dengan jenis one shot case study. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang di sebar di media sosial facebook dan wawancara langsung. Teknik penarikan sampel menggunakan convenion sampling atau accidental sampling. Uji validitas menggunakan korelasi bivariate pearson atau product moment dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 16. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan level of significance ? = 0,05. H asil pen guji an h ipot esis menyatakan bahwa variabel foto tempat wisata alam Provinsi Bengkulu secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap minat berkunjung pengguna media sosial. Kesimpulannya penggunaan foto sebagai media untuk menyampaikan pesan promosi pariwisata di media sosial Facebook cukup efektif untuk mempengaruhi minat berkunjung pengguna media sosial. Kata Kunci: Foto Tempat Wisata, Media Sosial, AISAS


Bagikan Konten ini...