LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO KEPALA DINAS

Yudi Satria, SE, MM
NIP : 196502181993031006

SOCIAL MEDIA
LINK TERKAIT
Share This Articel on :
Benteng Malborough
Ditulis oleh : bengkulu

29 April 2018 - 21:20:10 WIB

Benteng Marlborough, Objek Wisata Bersejarah Penuh Misteri

Bengkulu- Bengkulu menyimpan banyak catatan sejarah Indonesia. Mulai dari kisah pengasingan Presiden Pertama Indoensia, Bung Karno, hingga kisah cintanya dengan Fatmawati, penjahit sang Saka Merah-Putih. Dari sekian banyak, Fort Marlborough atau Benteng Marlborough adalah satu diantara objek wisata bersejarah yang ada di Bengkulu, yang berlokasi di Jalan Benteng, Kebun Keling, Teluk Segara Kota Bengkulu.

Benteng ini merupakan benteng peninggalan Inggris, yang didirikan oleh “East India Company” pada tahun 1713-1719 di bawah pimpinan Gubernur Joseph Callet sebagai benteng pertahanan sekaligus kantor dagang Inggris. Berdiri diatas lahan seluas 44 ribu meter persegi, Benteng Marlborough memiliki banyak ruangan dimana salah satunya pernah dijadikan tempat untuk menginterogasi Bung Karno.

Menjadi saksi sejarah dimasa lampau, membuat pengunjung penasaran menguak kisah sejarah Benteng Marlborough yang konon katanya sering muncul suara aneh dan bau busuk. Hal itu dibenarkan Jhoni Welius sebagai Juru Pelihara di Benteng Marlborough dari Balai Cagar Budaya Jambi.

“Iya, ini kan bangunan bersejarah, bangunan yang sudah lama, memang terkadang sering terdengar suara hentakan sepatu pasukan tentara berjalan, kadang juga ada suara wanita menangis, bahkan hal seperti itu kan terkadang seakan menambah keingintahuan kita tentang sejarah-sejarah dibalik itu semua,” tutur Jhoni.

Selain kisah misteri yang kental sejarah, pengunjung Benteng Marlborough bisa melihat langsung beberapa penjara yang digunakan sejak dulu dan 20 meriam yang berjejer di dalam Benteng, ditambah lagi kuburan tentara kolonial.

Menjadi objek wisata bersejarah, dengan tiket yang tidak terlalu mahal, Rp. 5 ribu per orang dewasa dan Rp. 3 ribu untuk anak-anak, Benteng Marlborough tidak pernah sepi pengunjung, apalagi dihari-hari libur besar seperti libur tahun baru dan libur lebaran. Saat memasuki musim liburan, pengunjung yang mengunjungi Benteng Marlborough meningkat, bahkan mencapai 8 ribu orang selama musim liburan.

Menelusuri tiap bidang sudut Benteng Marlborough, selain menghabiskan waktu menguak misteri dari sejarah yang ada, pengunjung bisa duduk bersantai ria di halaman taman yang ada di dalam benteng atau berkeliling untuk berselfie ria. 


KULINER
SENI BUDAYA
JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang website ini
Sangat Bagus
Bagus
Cukup
Kurang
Kurang Bagus

HASIL POLLING