#visitbengkulu

TENTANG

DINAS PARIWISATA PROVINSI BENGKULU

PROFIL ORGANISASI


Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 9 tahun 1967 tentang Pembentukan Provinsi Bengkulu dan Peraturan Gubernur Bengkulu Nomor 45 tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja Dinas Pariwisata. Sesuai dengan Pasal 2 nomor 45 Tahun 2016, Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan bidang pariwisata mempunyai tugas pokok “ Membantu Gubernur melaksanakan urusan pemerintahan dan tugas pembantuan Bidang Pariwisata yang menjadi kewenangan Provinsi”.

Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu merupakan salah satu instansi teknis yang berada di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu yang berkedudukan sebagai unsur penunjang Pemerintah Provinsi dan dipimpin   oleh   seorang   Kepala  Dinas   yang   berada  di  bawah   dan bertanggungjawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah sebagai unsur pelaksana pemerintah serta mempunyai tugas membantu Gubernur dalam menyelenggarakan sebagian urusan untuk dapat menjalankan tugas yang telah dibebankan.  

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Dinas Pariwisata mempunyai fungsi :

1.  Perumusan kebijakan teknis bidang pariwisata;

2.  Pelaksanaan kebijakan teknis bidang pariwisata;

3.  Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan sesuai dengan lingkup tugasnya;

4.  Pelaksanaan administrasi dinas; dan

5.  Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Gubernur di bidang pariwisata.