#visitbengkulu

ARTIKEL

Pesona Bukit Jipang dalam Tour de Curup 2019


Super Admin | 08 Desember 2019 | Dilihat : 98 kali


Generasi Pesona Indonesia atau yang dikenal dengan GENPI Provinsi Bengkulu mengadakan Tour de Curup yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu pada tanggal 6-7 Desember 2019. Sebanyak 33 orang pengurus Genpi Bengkulu dan perangkat Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu melakukan tour mengunjungi Bukit Jipang, Kabupaten Rejang Lebong. Hadir pula narasumber dari Kementerian Pariwisata RI, Vega Viditama. Dalam perjalanan rombongan sempat mengunjungi Air Terjun Tirta Mandiri di Kabupaten Kepahiang. Air terjun ini sudah ditata dan dikelola dengan indah oleh Karang taruna desa setempat. Rombongan pun sempat melakukan audiensi dengan Karang Taruna setempat.


Sesampainya di Bukit Jipang, Kabupaten Rejang Lebong, rombongan bersiap untuk bermalam di tenda kemah yang telah disediakan. Udara sejuk dan pemandangan khas pegunungan yang indah membuat semua mata terpana. Bukit Jipang benar-benar penuh pesona tersembunyi. Apalagi pada malam ramah tamah yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Irsan Setiawan, S.H.,M.M, dan Ketua Genpi Bengkulu, Abdul Khafi, disajikan pula atraksi pelepasan lampion dan kembang api. Langit berkabut Bukit Jipang pun langsung penuh warna.


Bukan hanya tour dan camping, pada pagi harinya diadakan workshop tentang cara membuat video pariwisata yang menarik. Narasumber asal Kemenpar RI, Vega Viditama yang juga seorang videografer, memberikan materi dan tips tentang videografi hingga tentang proses pengambilan gambar dan sunting video. Kemudian setelah itu Vega langsung menugaskan peserta untuk membuat video tentang Bukit Jipang. Dalam satu jam, peserta sudah sibuk menggunakan smartphone masing-masing, merekam atraksi dan pemandangan di Bukit Jipang, hingga kemudian video tersebut disunting sendiri.


Vega Viditama menyampaikan bahwa generasi muda adalah ujung tombak promosi pariwisata. Kreatifitas kaum muda di Bengkulu harus dimaksimalkan dengan baik supaya gaung wisata Bengkulu bisa terdengar luas. Apalagi dengan kecanggihan internet zaman sekarang, promosi wisata kan bisa lebih maksimal jangkauannya.


Antusiasme peserta dalam Tour de Curup dan Workshop Membuat Video Wisata sangat baik. Walaupun didera hujan gerimis dan cuaca dingin, para peserta masih semangat mengerjakan tugas-tugas dan mendengarkan materi yang diberikan.

Video yang telah disunting kemudian dinilai oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, sehingga menghasilkan 3 orang pemenang yang diberikan hadiah. Para pemenang diharapkan untuk terus belajar mengembangkan bakatnya. Tour de Curup ditutup oleh Kadisparprov, dengan harapan supaya generasi muda Bengkulu bisa bersama-sama semangat membangun Bengkulu dan semangat menghidupkan promosi Wonderful Bengkulu 2020.


Lihat Foto Lihat Video Lihat Maps

Share this :

Artikel Lain

14 Februari 2020 Dilihat : 16 kali

RUMAH PENGASINGAN BUNG KARNO DI BENGKULU

20 November 2019 Dilihat : 8 kali

FESTIVAL PESISIR PANTAI PANJANG 2019