Section

MAKANAN KHAS BENGKULU

 

Berkunjung ke Bengkulu jangan hanya menikmati pesona alamnya yang indah, melainkan juga harus menjajal sederet kuliner khas Bengkulu yang terkenal. Kota Bengkulu mempunyai cukup banyak kuliner dengan ragam bentuk dan rasa. Apabila kamu berniat datang ke Bengkulu, disarankan agar kamu mencoba sederet makanan khas Bengkulu yang akan memanjakan lidah anda

    1.   Pendap

      Pendap-Khas-BengkuluPerlu kamu tahu kalau pendap adalah salah satu makanan khas Bengkulu yang sangat populer di daerah-daerah lain. Kalau mendengar kata Bengkulu, biasanya orang langsung mengingat pendap. Apa itu pendap? Pendap adalah makanan khas provinsi Bengkulu yang juga mendapat sebutan ikan pais oleh penduduk lokal. Ikan pais saat ini sudah menembus banyak pasar di sejumlah kota semisal Jakarta, Lampung, Jambi, Palembang, dan Pangkal Pinang.
      Alasan orang menyukai pendap karena mempunyai cita rasa yang kuat dan bisa menggugah selera makan, terutama pembungkus daun talasnya yang mengeluarkan aroma khas. Selain itu juga akibat cita rasa yang pedas dan gurih, pendap bahkan tembus hingga negara-negara lain seperti Australia, Belgia, dan Jepang. Makanan khas Bengkulu ini mirip dengan pepes dari Jawa. Bedanya, jika pepes menggunakan pemgbungkus daun pisang, kalau pendap atau batutuk ikannya dibungkus pakai daun talas yang diikat tali rafia.

    2. Tempoyak

      Tempoyak-Khas-BengkuluTempoyak adalah makanan yang unik. Bagiamana tidak, bahan yang digunakan untuk membuatnya harus difermentasi terlebih dahulu. Adapun bahan tersebut ialah buah durian yang kemudian difermentasi sehingga menciptakan cita rasa yang asam akibat proses fermentasi itu sendiri. Tempoyak tak hanya terkenal di Bengkulu, tetapi juga di sejumlah daerah lain seperti Palembang, Lampung, Jambi, dan bahkan hingga ke pulau Kalimantan di mana terkenal akan buah duriannya.

      Tempoyak baru bisa dimakan setelah daging buah durian difermentasi selama 3 – 5 hari. Tempoyak yang sudah jadi selanjutnya bisa diolah sesuai selera. Ada yang memadukannya dengan ikan teri, ikan patin, ikan mujair, ataupun ikan mas. Selain itu ada juga yang memasak tempoyak bersama campuran daging ayam atau menggunakannya sebagai sambal dan bumbu masakan. Bahkan, tak sedikit pula orang Bengkulu yang menyantap tempoyak secara langsung tanpa didampingi menu lain.

    3.  Lemang Tapai

      Lemang-Tapai-Khas-BengkuluLemang tapai adalah makanan khas Bengkulu yang terdiri dari dua padanan kata. Lemang sendiri merujuk pada makanan yang terbuat dari bahan dasar beras kentan yang dimasak bersama santan dan garam yang kemudian dimasak dengan cara dibakar di atas api di dalam seruas bambu muda dalam keadaan terbungkus daun pisang. Proses pembakaran lemang dilakukan di atas bara api sehingga menghasilkan aroma yang khas.

      Setelah lemang matang, lemang bisa langsung dimakan bersama tapai ketan hitam. Penyajian bersama tapai ketan itulah yang membuat makanan ini dinamakan lemang tapai. Padahal, selain tapai, lemang juga bisa dimakan bersama durian sehingga dinamakan lemang durian. Cita rasa dari lemang sendiri gurih dan tekstur beras ketannya legit di mulut. Biasanya lemang banyak ditemui saat menjelang Idul Fitri dan Idul Adha. Selain menjelang momen besar penduduk Muslim tersebut, biasanya lemang tak banyak diproduksi.

      Dari semua makanan khas Bengkulu yang tampil dalam daftar, ada beberapa yang benar-benar menjadi ikon kuliner kota Bengkulu, antara lain Lempok Durian dan Pendap. Kedua makanan tersebut bukan hanya digemari oleh penduduk lokal, tetapi juga para wisatawan, baik yang berasal dari dalam negeri ataupun luar negeri. Jadi kalau kamu mempunyai kesempatan untuk datang ke Bengkulu lain hari, jangan sampai melupakan kuliner khas Bengkulu tersebut.