Section

Struktur Organisasi

Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu memiliki struktur organisasi sebagaimana dapat dilihat pada diagram berikut :

struk

 

Kepala Dinas PariwisataProvinsi Bengkulu dibantu oleh 6 orang esselon III yang terdiri atas 1 orang Sekretaris, 4 orang Kepala Bidang dan 1 Orang Kepala UPT.
1.  Kepala Dinas

Kepala Dinas mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan dan urusan pembantuan di bidang pariwisata yang menjadi kewenangan daerah. Untuk melaksanakan sebagaimana tugas dimaksud , kepala dinas menyelanggarakan fungsi sebagai berikut:

  1. Perumusan kebijakan di bidang pariwisata
  2. Pelaksanaan kebijakan di bidang pariwisata
  3. Pelaksanan evaluasi dan pelaporan di bidang pariwisata
  4. Pelaksanaan administrasi dinas pariwisata
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Gubernur di bidang pariwisata

2.  Sekretaris

Sekretaris berada dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, mempunyai tugas mengarahkan penyusunan program kerja, pengelolaan urusan keuangan, kepegawaian, peraturan, perundang- undangan, kelembagaan, persuratan, rumah tangga, perlengkapan, dokumentasi dan informasi. Sedangkan fungsinya adalah :

  1. Penyusunan rencana pelaksanaan tugas sekretariat
  2. Penyusunan program kerja dan anggaran belanja Dinas
  3. Penyelenggaraan urusan tata usaha kantor, rumah tangga dinas, urusan perlengkapan dan urusan kepegawaian pada dinas
  4. Pengkoordinasian penyelenggaraan tugas dinas pariwisata dan memberikan pelayanan administrasi kepada bidang-bidang lain di lingkungan dinas
    Pelayanan informasi publik di bidang pariwisata
  5. Pengkoordinasian dan pengidentifikasian produk hukum daerah
  6. Pengkoordinasian dan pengidentifikasian permasahan pada bidang teknis dalam melaksanakan tugas dan fungsi serta pelaksanaan failitasi dalam penyelesaian permaslahan pada dinas
  7. Menghadiri rapat-rapat kedinasan sesuai dengan disposisi kepala dinas
  8. Pengevaluasian pelaksanaan tugas sekretariat
  9. Penyusunan laporan pelaksanaan tugas sekretariat

3.  Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata mempunyai tugas menghimpun, menganalisa, menyusun, merumuskan dan memonitor bahan perumusan kebijakan, koordinasi, bimbingan teknis, pembinaan dan pengembangan di bidang destinasi pariwisata.
Kepala bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyusunan rencana pelaksanaan tugas bidang destinasi pariwisata
  2. Penyiapan bahan-bahan dan data yang berkenaan dengan pelaksanaan tugas bidang pariwisata
  3. Penghimpunan, pengolahan ,dan penganalisaan data bahan perumusan kebijakan di bidang destinasi pariwisata  yang disampaikan oleh bawahan
  4. Penyusunan rumusan kebijakan dan rencana program kegiatan di bidang pengembangan destinasi pariwisata.
  5. Pelaksanaan dan bimbingan kebijakan di  bidang destinasi pariwisata
  6. Persiapan juklak dan juknis penyelaggaraan pengembangan destinasi pariwisata
  7. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi penyusunan laporan di bidang destinasi pariwisata
  8. Menghadiri rapat teknis di bidnag destinasi pariwisata sesuai disposisi atasan
  9. Mengevaluasi pelaksanaan tugas bidang destinasi
  10. Penyusunan laporan pelaksanaan tugas bidang destinasi pariwisata dan
    Pelaksanaan tugas lain yang diberikan kepala dinas

4.  Bidang Pemasaran

Kepala Bidang Pemasaran mempunyai tugas mengumpulkan bahan perumusan kebijakan dalam penyusunan rencana kegiatan, mengkoordinasikan, menganalisa, melaksanakan dan mengevaluasi perumusan kebijakan, melakukan pembinaan tugas bawahan, pengembangan dan pelaporan kegiatan di bdiang pemasaran pariwisata, dan mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Pengumpulan bahan perumusan kebijakan dalam penyusunan rencana pelaksanaan tugas bidang pemasaran
  2. Penyiapan dan perumusan bahan kebijakan dalam rangka pelaksanaan analisa pasar, promosi pariwisata dan pelaksanaan pengembangan event dan kerjasama kepariwisataan.
  3. Mengkoordinasikan pelaksanaan sinkronisasi kebijakan di bidang program dan strategi pemasaran, analisa data pasar dna pengembangan event dan kerjasama kepariwisataan
  4. Penyiapan bahan penyusunan rencana dan program, pemantauan evaluasi, pelaporan dan analisa kegiatan di bidang pemasaran, analisa pasar, promosi pariwisata, pengembangan event dan kerjasama kepariwisataan.
  5. Penganalisaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan di  bidang pemasaran
  6. Pembinaan tugas bawahan, pengembangan dan pelaporan kegiatan
  7. Menghadiri rapat teknis bidang pemasaran sesuai disposisi atasan.
  8. Pengevaluasian tugas bidang pemasaran
  9. Penyusunan laporan pelaksanaan tugas bidang pemasaran
  10. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan

5.  Bidang Ekonomi Kreatif

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) memiliki tugas menyiapkan perumusan kebijakan koordinasi dan pelaksanaan kegiatan dan pengembangan ekraf yang dapat menciptakan nilai tambah untuk penguatan kualitas kepariwisataan serta meningkatkan apresiasi kepada pelaku dan karya kreatif.
Dan berfungsi :

  1. Penyusunan rencana tugas bidang ekraf, penyusunan kebijakan terkait proses kreasi, produksi distribusi ataupun komersialisasi produk karya kreatif
  2. Pengembangan dan penelitian ekraf sehingga tercipta jejaring kreatif untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas karya kreatif yang sudah ada serta mendorong tercipatnya karya kreatif baru.
  3. Pembinaan, perlindungan, pemberian penghargaan terhadap pelaku dan karya kreatif skala kab/kota
  4. Penyiapan bahan pemberian rekomendasi dan izin pelaksanaan event-event kreatif berbasis seni dan budaya serta media, desain dan iptek
  5. Pelaksanaan fasilitasi dan kerjasama industri kreatif melalui forum gathering, festival, diskusi, talkshow, coaching kreasi dan produksi atau kegiatan lainnya.
  6. Peningkatan apresiasi dan kebanggan masyarakat terhadap karya-karya kreatif skala kab/kota dan nasional

6.  Bidang Pengembangan Produk dan Pelayanan Wisata

Kepala Bidang Pengembangan Produk dan Pelayanan Wisata Mempunyai tugas mengkoordinasikan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan penyusunan rencana kegiatan, pembinaan bimbingan, melaksanakan monitoring kegiatan, industri pariwisata, investasi dan pelayanan kepariwisataan, membimbing pelayanan dan mengkoordinasikan pemanfaatn aset kepariwisataan. Dan mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana pelaksanaan tugas bidang P3W
  2. Pelaksanaan penyiapan rumusan, kebijakan standar, kriteria dan prosedur serta pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang P3W
  3. Pelayanan dan penyiapan bahan, kegiatan di bidang usaha pariwisata, investasi pariwisata, standarisasi pariwisata dan aneka wisata
  4. Perumusan standar, norma, kriteria dan prosedur di bidang pariwisata, kemitraan usaha, investasi usaha, iklim usaha, diversifikasi usaha, standar pariwisata serta aneka wisata
  5. Pelaksanaan bimbingan teknis dan evaluassi di bidang P3W serta memberikan kemudahan akan pelaku pariwisata, kemitraan usaha, investasi usaha, iklim usaha dan diversifikasi pariwisata, standarisasi pariwisata dan aneka wisata
  6. Pelaksanaan kerjasama standar pariwisata, fasilitas lembaga, sertifikasi pariwisata dan akreditasi
  7. Menghadiri ratek di bidang P3W
  8. Pengevaluasian pelaksanaan tugas P3W
  9. Penyusunan laporan pelaksanaan tugas P3W
  10. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan

7.  Unit Pelaksana Teknis Dinas Pariwisata (UPTD)
8.  Kelompok Jabatan Fungsional