2. Pantai Panjang

Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Panjang Bengkulu

Garis Pantai 7 Km yang Indah

pantai-panjang1

Indonesia memang tidak kalah cantiknya dengan negara-negara lain yang ada di luar negeri, terutama dalam keindahan pantainya. Indonesia yang diapit dua samudera yaitu samudera Hindia dan samudera Pasifik memberikan keindahan tersendiri bagi setiap pantai yang berbatasan dengan daerah-daerah di Indonesia. Salah satu pantai indah itu adalah Pantai Panjang Bengkulu. Dari namanya, Anda pasti sudah tahu bahwa pantai ini terletak di provinsi Bengkulu.

Bengkulu merupakan provinsi yang juga memiliki garis pantai yang tegas dengan keindahan pantai nya. Pantai Panjang Bengkulu ini terdapat di kota Bengkulu, Ibukota Provinsi Bengkulu. Dinamakan demikian karena pantai ini memiliki garis pantai yang sangat panjang mencapai 7 km dan lebar pantai (garis pasang dan garis surut) sekitar 500 meter. Hal ini terjadi karena di sekitar pantai tidak terdapat karang sehingga saat air laut pasang membuat hamparannya menjangkau sangat jauh ke dalam pantai.

Hal ini tentu membuat pantai ini lebih indah saat surut karena hamparan pasir putihnya jadi semakin luas. Anda tidak hanya menemukan warna biru dari laut dan putih dari pantai, tapi juga hijau dari pepohonan. Kondisi pantainya yang landai, airnya yang bersih, serta hamparan pasir putihnya yang luas, merupakan daya tarik tersendiri dari obyek wisata Pantai Panjang. Dengan kondisi pantai seperti itu, pengunjung dapat mandi sepuasnya sambil menikmati semilir angin pantai yang masih bersih dan sejuk karena pantai ini jauh dari area perindustrian.

Selain itu, banyaknya pohon cemara dan pinus yang tumbuh di sekitar pantai ini juga merupakan keunikan tersendiri yang mungkin tidak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya. Sebab, secara umum, pohon yang biasanya tumbuh di daerah pantai adalah pohon kelapa, dan ini tidak dijumpai di Pantai Panjang.  Pohon cemara dan pinus ini menambah kesejukan suasana di sekitar pantai. Pantai Panjang ini juga menjadi satu-satunya pusat objek wisata terapi dengan berjogging di saat pagi atau pun sore hari di lintasannya. Pantai Panjang yang memiliki pasri putihnya yang sangat halus, tidak akan mengotori kaki Anda saat Anda berjalan-jalan.

Selain itu Anda juga bisa menikmati Pantai Panjang ini dengan jogging trek, volly pantai, bahkan jika Anda suka berselancar, pantai ini adalah tempat surfing terbaik karena ombak lautnya yang cukup besar patut untuk Anda taklukkan. Kebanyakan para pelancong yang berkunjung ke pantai ini suka menghabiskan waktu dengan berjemur di bibir pantai dan saat yang paling ditunggu adalah menikmati sunset di sore hari.  Langit jingga memantulkan cahaya ke air yang membuat laut menjadi perak keemasan. Dan matahari yang perlahan tenggelam ke balik laut, sungguh memukau.

Pantai Panjang yang berlokasi di kawasan yang sangat strategis ini membuat tempat ini selalu di ramaikan oleh para wisatawan setiap harinya, dan untuk melengkapi objek wisata ini memberikan beberapa fasilitas publik dan juga akomodasi yang sangat lengkap, di mana jika Anda menempuh perjalanan dari pusat kota Bengkulu Anda hanya memerlukan waktu sekitar 15 dengan jarak 3 kilometer untuk bisa sampai di Pantai Panjang tersebut. Dari Kota Bengkulu, pengunjung dapat menggunakan minibus, taksi, atau mobil sewaan untuk sampai di lokasi pantai.

Di sekitar pantai, pengunjung dapat menjumpai sarana akomodasi dan fasilitas yang cukup lengkap, di antaranya adalah area parkir yang luas, hotel, restoran, kolam renang, cottage, minimarket, kios-kios penjual voucher handphone, kios-kios cendramata, dan lain-lain.

pantai-panjang-3

Pantai-Panjang

14359597_720588741433781_2372395936941867008_n

Leave Your Comments